Pelaksanakan ibadah haji memerlukan persiapan yang maksimal supaya para jama’ah dapat melaksanakan seluruh rangkaian ibadah haji dengan lancar sejak keberangkatan dari tanah air hingga pulang kembali ke kampung halaman mereka masing-masing. Dan sudah seyogyanya mereka bersiap sejak dini baik secara lahiriah maupun bathiniah karena tidak lama lagi akan menjadi tamu Allah di tanah suci yang dimuliakan.

Oleh karena itu, para calon jama’ah haji sangat memerlukan bimbingan, arahan, dan bekal keilmuan yang memadai tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan tuntunan Rasulullah. Dan juga yang tidak kalah penting adalah para calon jamaah haji dapat mempelajari dan memahami tentang kondisi dan kebiasaan Arab serta sejarah tentang peristiwa dan tempat-tempat penting di tanah suci sebagai upaya untuk menunjang kesempurnaan pelaksanaan ibadah haji. Atas dasar pemikiran itulah, kami tergerak untuk menyelenggarakan pengajian manasik haji sebagai wadah untuk bersilaturahim dengan calon jamaah yang lain, berdiskusi / bertukar pengalaman / tanya jawab tentang pelaksanaan ibadah haji dengan para pembimbing yang sudah berpengalaman, dan yang paling penting adalah senantiasa belajar untuk mengerti dan memahami tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan tuntunan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa ‘aalihi wa sallam supaya kelak menjadi HAJI MABRUR.

Pengajian manasik haji ini dimulai sejak tahun 2002 dengan nama Bimbingan dan Pendampingan Ibadah Haji (BPIH) Darul Qur’an. Dan dalam perkembangannya kemudian menjalin kerjasama dengan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) Muslimat NU DIY sehingga sejak tanggal 15 September 2007 telah menjadi perwakilan resmi KBIH Muslimat NU DIY di Gunungkidul dengan nama KBIH Muslimat NU Perwakilan Gunungkidul (PP. Darul Qur’an Wal Irsyad), selanjutnya akan ditulis KBIH MUSDQ untuk menyingkat penulisan.

Adanya aturan baru pada tahun 2015 bahwa izin operasional KBIH harus di basis Kabupaten/Kota mengharuskan kami mengajukan izin operasional baru. Maka sejak tanggal 8 Desember 2015 KBIH Muslimat NU Darul Qur’an sudah resmi menjadi KBIH mandiri yang mendapatkan Keputusan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY Nomor 715 tahun 2015 tentang Penetapan Izin Operasional KBIH Muslimat NU Darul Qur’an Kab. Gunungkidul sebagai Kelompok Bimbingan Ibadah Haji.

Adapun sasaran pokok pengajian manasik haji ini antara lain :
1)Para peserta dapat mengerti akan hakikat / makna ibadah haji yang akan mereka laksanakan
2)Para peserta mampu menguasai ilmu-ilmu teori dan praktek yang dapat diterapkan sejak keberangkatan hingga kepulangan mereka di Tanah Air.
3)Para peserta dapat mengetahui tentang sejarah dan keutamaan tempat-tempat dan peristiwa-peristiwa penting di tanah suci sehingga mereka dapat memahami dan menghayati setiap tahap pelaksanaan ibadah haji yang sedang mereka jalani.
4)Para peserta dapat memahami dan menghayati tentang bagaimana adab / sopan santun / tata krama dalam melaksanakan ibadah haji di tanah suci.
5)Para peserta dapat meningkatkan kualitas diri mereka dalam bersikap dan berperilaku setelah menunaikan ibadah haji.
Kelima sasaran pokok tersebut menjadi tujuan utama kami dalam pelayanan sehingga diharapkan para jama’ah dapat memperoleh derajat haji mabrur.

Namun demikian, kami tidak pernah menjanjikan pesertanya memperoleh haji mabrur, karena mabrur tidaknya ibadah haji itu hanya Allah jua yang tahu. Akan tetapi, pihak pembimbing dan manajemen KBIH MUSDQ senantiasa berupaya mengarahkan pesertanya untuk beribadah seoptimal mungkin sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Secara lahiriah sesuai dengan syariat dan secara bathiniah diberi sedikit sentuhan nilai tasawuf. Sehingga tidaklah heran bila pada saat melaksanakan ibadah haji, para jamaah KBIH MUSDQ cenderung memanfaatkan waktu luangnya untuk aktifitas ibadah-ibadah sunnat pilihan. Bahkan keluarga yang ditinggalkan juga dianjurkan bergabung dengan para santri dan pengurus untuk berdoa / bermujahadah bersama di Pondok Pesantren Darul Qur’an Wal Irsyad setiap hari selama pelaksanaan ibadah haji guna memberikan dukungan do’a untuk keluarga yang sedang melaksanakan ibadah haji di tanah suci.

Semoga para jama’ah haji memperoleh derajat haji mabrur di sisi Allah dan semoga segala yang kami lakukan mampu memberikan yang terbaik bagi umat serta senantiasa diridhoi oleh Allah Yang maha Kuasa.
Amiin Yaa Rabbal ‘Alamiin.