Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief bersilaturahmi ke Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta pada Kamis (7/10/2021). Kedatangan Hilman disambut Dubes Saudi untuk Indonesia, Essam bin Abed Al-Thaqafi.Pertemuan yang berlangsung dalam suasana hangat ini membahas penyelenggaraan ibadah umrah di masa pandemi.

“Kepada Dubes, saya menyampaikan bahwa jemaah Indonesia sudah merindukan proses umrah yang indah dan proses haji yang khusyuk. Mereka betul-betul menunggu angin segar yang bisa memberikan kemudahan untuk bisa melaksanakan ibadah umrah dan haji,” terang Hilman.

Hilman juga menyampaikan situasi penanganan Covid-19 di Indonesia yang terus membaik. Selain itu, ia menyinggung pula soal mitigasi penyelenggaraan umrah di saat pandemi. Menurutnya, perlu ada skema khusus dalam penyelenggaraan ibadah umrah di saat pandemi. Pihaknya saat ini terus bersinergi dan berkoordinasi dengan asosiasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), Kemenkes, Kemenlu, Kemenhub, maskapai penerbangan serta instansi terkait lainnya dalam menyusun mitigasi dan skema penyelenggaraan umrah di masa pandemi.

“Insya Allah, sebagai Dirjen PHU yang baru saya akan berkoordinasi dengan semua stakeholders dalam waktu dekat agar harapan untuk bisa memberangkatkan jemaah umrah Indonesia bisa kita akselerasi,” sambungnya.

Hilman mengapresiasi respon Dubes Saudi Essam bin Abed. Kepadanya, Essam juga menegaskan keinginan Pemerintah Saudi agar jemaah Indonesia bisa kembali menunaikan ibadah umrah. Namun, di tengah pandemi, regulasi yang diterapkan sangat ketat demi kenyamanan dan keamanan jemaah yang datang dari berbagai negara.

———————————————
Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah
Website: haji.kemenag.go.id
Email: informasi.haji@kemenag.go.id
Twitter : @informasi_haji
Instagram: @informasihaji

linktree : @linktr.ee/HajiUmroh_Dq